Gunawan, 2009. Penerapan Quantum Teaching pada Pembelajaran Segitiga Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (1) Drs. Ardo Subagjo, M.Pd., (2) Dr. Demitra, M.Pd.
Pembelajaran matematika yang cenderung membosankan seringkali dialami oleh siswa. Hal tersebut mengakibatkan sebagian besar siswa mengalami kejenuhan dan kurangnya motivasi untuk berperan aktif dalam pembelajaran matematika. Quantum Teaching dapat mengembangkan kemampuan guru untuk menumbuhkan kembali sikap positif dan antusiasme siswa dalam belajar, yaitu dengan menciptakan pembelajaran yang meriah dan menyenangkan bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru selama penerapan Quantum Teaching, mendeskripsikan aktivitas siswa selama penerapan Quantum Teaching, mengetahui hasil belajar siswa selama penerapan Quantum Teaching dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan Quantum Teaching.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 (tiga) siklus dengan masing-masing siklus mencakup empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sejak akhir bulan Mei 2009 hingga pertengahan bulan Juni 2009. Subjek penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas VII-5 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Palangka Raya, namun hanya 29 orang siswa yang ikut disertakan dalam analisis data, karena 3 orang siswa yang lain tidak mengikuti penelitian ini dari awal hingga berakhir. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui pengisian lembar observasi aktivitas guru, pengisian lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan pengisian angket respon siswa. Data berupa hasil observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa dianalisis secara kualitatif, sedangkan data berupa hasil belajar siswa dan respon siswa dianalisis secara kuantitatif.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) guru telah melakukan segala aktivitas yang sesuai dengan prinsip-prinsip Quantum Teaching dan kerangka TANDUR dalam menciptakan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan selama penerapan Quantum Teaching, (2) siswa berperan aktif dan menunjukkan sikap positif selama penerapan Quantum Teaching, (3) rata-rata hasil belajar siswa selama penerapan Quantum Teaching selalu mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 5,36% dibandingkan siklus I, sedangkan pada siklus III, rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 5,72% dibandingkan pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 86,21%. Pada siklus II, siswa yang tuntas mencapai 89,66%. Sedangkan pada siklus III, siswa yang tuntas mencapai 93,10%, (4) respon siswa terhadap penerapan Quantum Teaching adalah positif dengan rata-rata persentase siswa yang menunjukkan respon positif mencapai 92,82%.
0 komentar:
Posting Komentar